Kamis, 30 April 2015

Imigrasi singapura dan data pasport

Hal yang paling membuat liburan  ke luar negri menegangkan adalah proses imigrasi. Walaupun kita tidak salah, uang sudah siap, hotel sudah oke, tiket pulang sudah siap, tdk ada niat jd pekerja disana tetap saja deg-degkan banget kalau dihadapkan sama imigrasi. Entah kenapa sepertinya semua petugas imigrasi nampak garang dan jutek,padahal saya sudah senyum dan sapa loh ttep aja sepet. Kejadian kemaren pas ingin ke malaysia plus singapur saya sudah search bgt nih pengalaman orang orang lewat dua imigrasi ini. Walaupun ini bulan kali pertama saya keluar negri tapi tetap saya persiapkan dengan baik. Apalagi dengar-dengar dua negara ini agak ketat periksa pasport turis indonesia karena banyak orang indonesia yang jadi pekerja ilegal di negara tersebut.

Persiapan dilakukan banget, no kucel kemudian tiket hotel tiket pulang disiapkan di pasport. Ternyata sewaktu di malaysia kita ga ditanya apa2 langsung lolos gtu aja, cepeeet bgt prosesnya. Masalah baru terjadi di imigrasi singapur. Saya bertiga antri ditempat berbeda, kebetulan tempat saya dan umi petugasnya lumayan baik, tanpa tanya-tanya apapun langsung lolos. Kebetulan bgt petugas di imigrasi di suami galak. Ditahan dong suami, saya dan umi yg keluar duluan binggung setengah mati. Tunggu kurang lebih 30 menit baru suami keluar.

Ternyata, pasport dan data beliau masih pelajar. Petugas nanya apa suami pelajar dan suami jawab sudah bukan pelajar. Tidak kepikiran karena jawab itu urusan jd panjang, suami diminta ke kantor untuk perbarui data pelajar ini. Saat ganti data beliau tanya kenapa tdk di update oleh negara indonesia.

Permasalahan data ini emang rumit banget, saya saja walaupun sudah menikah di KTP tulisannya masih single. Males aja gtu harus ngerubah ke kecamatan, dll. Bagi negara maju, proses itu sudah tdk ada, integrasi data mereka tersistem. Makanya mereka heran banget kenapa suami sudah bekerja tapi masih tulisan pelajar. Setelah itu saya baca baca ternyata banyak loh org indonesia yg kena masalah begini di imigrasi singapur. Ada yang tanggal lahir beda di pasport dan KTP ada yg salah pelafalan nama, dll.

Saran buat indonesia nih, ayo dong e ktp nya dijalankan. Jangan cuma pengadaannya saja yg sampai Milyar Milyaran. Saran untuk turis indonesia, perbaruilah data kalian atau kalau kalian tdak sempat jawablah pertanyaan imigrasi sesuai pasport dan ktp. Ada yang pernah bermasalah dengan imigrasi?

Ps. Gmbar imigrasi ambil di google, karena tidak boleh foto di imigrasi singapur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar