Senin, 12 Mei 2014

Bermain, Belajar, Berkembang dan Berbahagia bersama #Kidstoday Project

Beberapa hari lalu sewaktu mampir di web Mommiesdaily ga sengaja mampir ke tread ini dan tertarik untuk ikutan menuliskan review video dan sedikit curhat dikit yang mirip sama videonya.

Mana videonya ? ini videonya, lihat dan resapi dulu baru baca review biar kebayang. ceileh..


Video #kidstoday diatas menceritakan bagaimana wajah bahagia anak-anak ketika mereka bermain. Wajah yang tidak pernah bisa dibayar oleh apapun, kalau kata kidstoday "ini lebih dari sekedar bermain, ini pengalaman hidup". Saya pribadi menilai tagline tersebut pasti melalui sebuah penelitian yang panjang karena mengena sekali bagi saya sebagai penonton. Sebuah seminar oleh ibu Irawati yang pernah saya ikuti mengatakan bahwa setiap anak yang bermain ada jutaan sel di otaknya yang bekerja untuk terhubung sedangkan ketika seorang anak mendapat kemarahan sel tersebut dapat lepas. Persis banget sama yang digambarkan oleh rinso kids today ini, wajah bahagia anak saat bermain walaupun menurut kita itu berbahaya akan tetap menjadi pengalaman hidup. Saya pun kalau ditanya kenangan masa kecil, yang saya ingat adalah bermain bersama teman-teman di sungai, di pekarangan, di sekolah dan dimanapun, tentang pelajaran? hem.... saya sepertinya perlu bantuan google untuk tau ibukota sulawesi selatan. hehe

Teorinya #kidstoday di video diatas sudah sangat tepat? tapi kenyataannya ? widiihh.... susah ya engga khawatir melihat anak bermain gtu aja. Walaupun saya belum punya anak (ceritanya pengantin baru) tapi saya punya adik umur 7 tahun yang kalau pulang sekolah bajunya basah keringat, kotor sama debu, dan suaranya habis. Kalau saya tanya main apa disekolah bisa sampe kaya seperti itu dia jawabnya ya main aja. ya, bagi anak-anak tidak penting main apa, yang penting main pasti bahagia apalagi kalau main hobi mereka. 

sumber : koleksi pribadi
Foto adik hagya puilang sekolah, basah keringat muka tetap bahagia

Kenapa saya rempong ngurusin adik saya ini? karena dari mulai kuliah akhir saya ditugaskan orangtua untuk urusan cuci mencuci baju dengan alasan sudah harus bertanggung jawab dengan urusan rumah. Kerasa kok abis nikah ini, jadi lebih menage sama kehidupan, lebih dikit doang sih..malesnya masih ada.. hehehe. Balik ke si hagya, hobi mainnya dan urusan mencuci. Bagian mencuci baju seragam hagya ini bikin sepaneng sendiri, pasti kotor di beberapa bagian. Sampe hafal saya bagian kotornya pasti di kerah, dengkul, siku dan lengan. Jenis kotornya biasanya debu atau lumpur yang paling parah biasanya spidol. 

Solusinya? tentu dong Rinso, rinso cair yang kalau saya dan ibu saya sebut excel. Ceritanya dirumah ada dua rinso, cair sama yang bubuk. Saya kurang tau sih bedanya apa, tapi kalau ibu saya suka yang bubuk untuk cuci yang putih soalnya menurut pengalaman beliau, rinso bubuk itu ampuh banget untuk rendam baju putih. Clingg langsung putih tanpa harus pakai pemutih tambahan dan tidak merusak pakaian. Jadi, pakaian warna putih tinggal rendam kurang lebih setengah jam sampai satu jam kemudian putar dengan mesin cuci. Seedangkan saya lebih suka mencuci pakai rinso cair "excel" untuk baju baju seragam hagya yang kena noda. Caranya tuangkan sedikit saja ke noda lalu kucek sebentar kemudian putar di mesin cuci. Noda noda bekas bermain disekolah seketika hilang. Kadang kala saya memakai dua cara sekaligus, menhilangkan noda pakai rinso excel dan dilanjutkan merendam pakai rinso bubuk, hasilnya memang lebih cling banget. Wajah bermain hagya kembali ceria, dan kakak rumah tangga pun senang.

Berikut foto salah satu episode saya mencuci dengan rinso. Ceritanya melawan noda dengan bahagiaa...

sumber : Koleksi pribadi
Foto bagaimana rinso menghilangkan noda di lengan baju hagia

Berdasarkan pengalaman diatas, saya setuju sekali dengan kampanye rinso kids today tentang bagaimana orang dewasa harus mengedepankan wajah bahagia bermain anak daripada ke khawatiran akan apapun. Bagi saya kampanye ini berhasil, terutama untuk saya. Saya berjanji akan mendidik anak saya nanti dengan membiarkannya bahagia bermain tanpa beban. Toh saya sudah memiliki solusinya sejak sekarang, jadi.. baby come to mamaa... (amiinn amiinn)

Review ini diikut sertakan dalam lomba #kidstoday .

2 komentar:

  1. Bermain adalah kebutuhan dasar anak, hak anak, naluri anak...sudah sepantasnya kita support dan kondisikan lingkungan yg aman.

    BalasHapus
  2. setuju....... masa kecil akan sangat berharga bagi setiap orang. Orang tua harus memberikan support terbaik demi perkembangan anak. Seperti rinso mensupport setiap anak untuk berespresi.

    BalasHapus