Rabu, 10 Desember 2014

Naik bis antar kota di Sulawesi.

Perjalan Jakarta menuju Ujung pandang kali ini berjalan lancar, walaupun persis sebelah saya ada anak kecil yang tidak berhenti nangis tapi Allhamdullilah saya masih bisa menikmati perjalanan berkat buku baru bekal dari Suami. Makassar bukan kota tujuan saya, kali ini saya menuju kota Sorowako yang kira2 10 jam perjalanan pakai bis.

Pilihan saya jatuh kepada bis karena pesawat makasaar sorowako hanya dilayani oleh pesawat perusahaan yang mana kebetulan dapat waiting list. Lagipula ini bukan kesempatan pertama saya menggunakan bis, saya pernah ke Palopo dan Masamba yg ga ada pilihan lain selain menggunakan bis. Bagi saya bis di.Sulawesi lebih nyaman dibandingkan bis.di Jawa. Antar seatnya lebih luas, bis juga lebih panjang dan lebih bersih. Nilai tambah plus bagi saya adalah pemandangan di luar jendela bis sungguh indah.

Untuk naik Bis, dari Bandara kita bisa ke terminal bis atau langsung datang ke perwakilan. Saya pilih langsung ke perwakilan bus new liman dan pilih bis yang vvip, bedanya vvip dan vip adalah kalau vvip tidak pake berhenti2 jadi hanya berhenti sholat subuh dan isi bensin saja.

Bis berangkat pukul 5 tepat, saya menggunakan waktu sebelum gelap untuk baca dan menghubungi suami dan ketika malam tiba saya pakai untuk tidur. Ketika pagi hari saya bangun saya sudah di masamba kemudian saya disuguhi dengan pemandangan indah sekali. foto yang saya ambil hanya menggunakan kamera handphone tapi percayalah sesungguhnya indaaah sekali.

Jam 7 pagi saya sampai di Sorowako dengan aman. Allhamdullilah.

Berikut tips perjalanan menggunakan bis di Sulawesi :

1. Mintalah izin Suami, kalau belum menikah izin pada orang tua. Karena sesungguhnya haram perempuan keluar rumah tanpa izin suami.
2. Pergilah bersama mahrom. kebetulan karena suami sedang bekerja saya pergi bersama ibu saya.
3. Siapkan fisik, karena senyaman-nyamannya bis tetap menguras tenaga. jangan lupa bawa vitamin.
4. Jangan terlalu banyak minum. Bis antar kota ini semua tidak ada kamar mandinya, jd cuma punya kesempatan pipis hanya saat bis berhanti. Dan apabila bis berhenti segeralah turun untuk ke kamar mandi karena kalau telat turun maka akan antri kamar mandi sama penumpang lain dan biasanya keadaan kamar mandi sudah kotor dan berbau.
5. Bawalah makanan yang banyak.
6. Bagi yang mabok siapkan antimo.

sekian catatan perjalanan saya menuju sorowako lewat bis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar